Selasa, 25 Desember 2012

Cara Mencegah Akun Kita dari Hacking


Anda tentunya memiliki akun e-mail, facebook, twitter, atau akun lainnya yang terkait dengan kegiatan sosial maupun bisnis. Tentunya anda tidak mau akun anda disalah-gunakan oleh orang lain, bukan? Kita tidak boleh sembrono mengenai akun kita. Karena dampaknya akan sangat besar, apalagi jika anda memiliki bisnis yang sebagian besar memanfaatkan internet dan tentunya membutuhkan akun.

Simaklah tips-tips mengamankan password dari Sipiyu.com,





  1. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir sebagai password!
    Tujuan awal menggunakan tanggal lahir sebagai password mungkin supaya kita tidak mudah lupa dengan password kita. Tapi tahukah anda? bahwa password model ini adalah model yang paling rawan untuk dibobol! Jadi sekali lagi jangan pernah menggunakan tanggal lahir sebagai password!
  2. Gunakan kombinasi antara huruf dan angka bahkan karakter tertentu.
    Dengan berbagai kombinasi, maka password anda akan sulit ditebak. Penggunaan karakter seperti @, !, #, $, dan lain-lain akan lebih memperkebal password anda dari penyalahgunaan.
  3. Jangan gunakan save password!
    Seringkali waktu kita log in ke situs misalnya facebook, maka browser seperti firefox akan menanyakan apakah kita ingin menyimpan password. Lebih baik jangan! Jika suatu hari teman anda meminjam laptop anda maka password anda akan ketahuan.
  4. Jangan tayangkan e-mail anda!
    Lebih anda tidak perlu memperlihatkan e-mail anda di situs seperti facebook atau twitter. Biar lebih aman.
  5. Hati-hati dengan keylogger!
    Berhati-hatilah saat anda meminjam laptop teman anda, apalagi dia suka usil dan tidak gaptek bahkan memang punya skill di bidang komputer. Siapa tau mereka memasang keylogger di laptop/pc mereka. Apa itu keylogger? keylogger merupakan sebuah program yang akan mencatat segala aktivitas kita di komputer termasuk mengetik password, mengetik obrolan, bahkan aplikasi dan situs apa yang kita buka. Lalu apa solusinya? Pertama, tanyakan dulu apakah dia memasang keylogger (ancam aja dengan kalimat "Awas kalo ada keylogger, besok muntaber 5 hari berturut-turut!" Hahaha. Solusi kedua, gunakan virtual keyboard / keyboard on screen.
  6. Jangan lupa log-out!
    Ini tidak perlu diperjelas, wong udah jelas. Hehe.
  7. Perhatikan sekeliling anda!
    Siapa tahu ada teman anda mengintip password apa yang anda ketik. 


Demikian tips yang bisa saya berikan. Silahkan like atau share jika artikel ini bermanfaat! Terima kasih...
==Help Us to Share!
Related Stories Widget by LinkWithin

0 komentar:

Posting Komentar